Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

C
ara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dari Komputer - Halo sobat semua, apa kabar? Semoga sehat selalu. Malam ini saya ingin berbagi tips buat anda yang kesulitan karena File yang anda inginkan telah terdelete atau terhapus oleh kelakuan anda sendiri. Bahkan mungkin saat ini ada orang yang sedang kebingungan karena file yang dideletenya adalah file presentasi untuk kantor, atau yang lebih mengerikan lagi.

Cara ini memang tidak 100% berhasil karena setiap File jenisnya beda-beda biasanya untuk yang ukuran .exe masih mudah untuk dikembalikan tapi kalau sudah ke format yang lain seperti .JPG .WMV agak sulit. Oke jadi apa yang harus kita lakukan? Simak ulasan berikut yang telah saya rangkum dibawah ini!


1. Dengan cara Manual

Cara pertama yang akan saya ajarkan adalah dengan cara manual melalui windows, walaupun cara ini membutuhkan jangka waktu agak lama untuk mengembalikannya.

Pertama yang harus anda lakukan adalah mengingat dimana terakhir kali keberadaan file tersebut sebelum anda menghapusnya baik secara sengaja ataupun secara tidak sengaja. Sebagai contoh disini admin akan mengambil directory pada "Download", lalu klik kanan pada mouse anda dan tekan "Properties" pada sub menu paling bawah.
mengembalikan File yang terhapus permanen dari komputer

Setelah itu klik tombol "Previous Versions" pada terakhir atau paling ujung kanan.
mengembalikan File yang terhapus permanen dari komputer

Lihatlah apakah memang ada file yang terhapus disana. Bila ada pesan tidak diketemukan, berarti file tersebut belum lama terhapus, tunggulah 3-5 bulan dan cek hasilnya. Bila masih tidak bisa, mari kita lanjutkan ke tahap selanjutnya!

2. Dengan Software

Cara ini dapat dijadikan cara alternatif atau cara ke-2 setelah gagalnya cara manual diatas, yaitu dengan bantuan software. Disini admin akan membagikan beberapa software yang mungkin dapat mencari file yang telah terhapus tersebut. Anda hanya perlu mengunduhnya melalui link dibawah ini.


  1. Undelete Plus | Download
  2. Restoration | Download
  3. PC Inspector File Recovery (Recomended) | Download
  4. Recuva | Download
Untuk instruksi cara pemakaian pada setiap software, silahkan anda cari di google.com. Misal "Cara memakai PC Inspector File Recovery untuk mengembalikan file yang terhapus".

3. Mengecek di Recycle bin

Cara 3rd untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengeceknya di Recycle bin, siapa tahu file tersebut belum dihapus permanen oleh anda dan masih tersimpan oleh tong sampah pada Windows. Caranya adalah dengan mengunjungi halaman beranda atau Desktop pada komputer, lalu cari Recycle bin sampai ketemu, cek apakah file yang anda maksud masih berada disana.
mengembalikan File yang terhapus permanen dari komputer

4. Berdo'a

Janganlah anda meremehkan satu kata pun pada Do'a, karena Do'a bisa saja bersifat mustajab, yaitu dikabulkan. Berdo'alah kepada Allah SWT. yang maha pengasih dan maha penyanyang, mintalah Do'a tersebut kepada Orang tua seperti ibu, karena biasanya Do'a orang tua cepat dikabulkan. Periksalah Sholat anda jika anda orang Muslim.



Akhir kata saya ucapkan "Alhamdulillah" karena saya telah berhasil merangkum posting kali ini. Saya mohon maaf sekali bila halaman ini tidak membantu anda atau ada kesalahan eja dll. Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

0 Response to "Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen"

Post a Comment